Dari Kunjungan Industri di Ayola La Lisa Hotels Surabaya - Mahasiswa Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Praktik ”Entrepreneurship” di Ayola La Lisa Hotels Surabaya

Dari Kunjungan Industri di Ayola La Lisa Hotels Surabaya

Mahasiswa Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Praktik ”Entrepreneurship” di Ayola La Lisa Hotels Surabaya
SEBANYAK 11 mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Kelas Siang Triwulan III praktik Entrepreneurship (Kewirausahaan) sesuai Standar Industri Perhotelan di Ayola La Lisa Hotels Surabaya, Senin (06/08/2018) petang bersama R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Dosen Entrepreneurship.

 
Maksud dan tujuan dari kunjungan industri ini untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar Entrepreneurship di kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan.
11 mahasiswa Culinary Class yang mengikuti kunjungan industri sekaligus praktik Entrepreneurship di Ayola La Lisa Hotels Surabaya adalah Natalia, Faqih, Aditya, Asrofi, Agung, Kenny, Heny, Vina, Sela, Amanda dan Nico.
Rombongan mahasiswa bersama dosen pembimbingnya itu menumpang satu unit mobil Multipurpose Vehicle (MPV) berangkat dari Kampus Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya menuju hotel yang beroperasi di Jl Raya Nginden No. 82 Surabaya tersebut sekitar pukul 17.00. 
Perjalanan sejauh lima kilometer itu hanya ditempuh 10 menitan dan rombongan sampai di tujuan sekitar pukul 17.10 WIB. Sedangkan dosen yang mendampingi rombongan mahasiswa pada Senin (06/08/2018) malam itu adalah R. Paulus W. Soetrisno M.Par bersama tim dari Divisi Multimedia Tristar Group.
Kedatangan 11 mahasiswa Akpar Majapahit bersama dosen pembimbingnya itu disambut oleh Food & Beverage Manager (FBM) Ayola La Lisa Hotel, M. Arya Reza, Human Resource Manager (HRM) Anita dan Head Chef Yuznix, di lobi hotel bintang tiga tersebut. 
Setelah berbincang sejenak di lobi hotel, rombongan mahasiswa diajak oleh HRM Ayola La Lisa Anita dan FBM M. Arya Reza menuju Meeting Room untuk diberi pengarahan seputar Food Cost sekitar 45 menitan, sebelum praktik Entrepreneurship di Dapur Hotel sesuai run down yang telah disusun pihak hotel. 
Selama praktik Entrepreneurship di Ayola La Lisa Hotels Surabaya, mahasiswa juga diajarkan cara menghitung Harga Pokok Produksi (HPP), Selling Price, Revenue, Profit, Tax & Service Charge, Standard Recipes hingga Cost Control agar dalam berbisnis tidak sampai menderita kerugian. Oleh karena itu, seorang entrepreneur sejatinya juga harus rajin melakukan survei harga pasar (tradisional maupun modern) minimal sebulan satu kali untuk cek harga.
Setidaknya terdapat tiga komponen utama terkait dengan cost  (biaya), yakni harga bahan baku, ingredient (komposisi bahan masakan) dan profit (besaran keuntungan maksimum dipatok hingga 70 persen) karena memperhitungkan biasa operasi termasuk listrik (PLN), air bersih (PDAM), gas (PGN), ongkos tenaga kerja dan pajak (tax).
Kelompok 1 yang terdiri dari tujuh mahasiswa langsung diajak praktik masak di kitchen hotel (sesuai order dinner buffet di papan tulis) dengan disupervisi langsung oleh Head Chef Yuznix dan dibantu jajarannya. Sementara itu, empat mahasiswa lainnya (anggota Kelompok 2) ditugaskan menjadi waitress atau pramusaji demi mempersiapkan acara jamuan makan malam.
Menu masakan untuk jamuan makan malam itu meliputi Nasi Putih, Bihun Goreng Singapura, Egg Drop Soup, Fish Picatta with Vegetables Sauce, Chicken Pok Pok (Ayam Kremes), Ca Buncis Wortel, Salad Buah, Pastel & Cakes, Es Buah, Air Mineral dan menyiapkan Slice Fruits (Pepaya, Semangka dan Melon). Durasi masaknya pun harus cepat sesuai standar kerja di kitchen hotel.
”Selain diberi kesempatan praktik langsung memasak aneka menu jamuan makan malam di kitchen hotel, tujuh mahasiswa anggota Kelompok 1 juga kami tugasi untuk menaruh hasil masakannya di atas meja makan yang telah disiapkan mahasiswa anggota Kelompok 2. Masakan itu untuk persiapan makan malam yang di-set up ala Family Style. Lokasinya dekat area Swimming Pool,” terang HRM Ayola La Lisa Hotels, Anita kepada kru www.culinarynews.info.  
Sementara itu, pada waktu bersamaan, FBM Ayola La Lisa Hotels, M. Arya Reza juga menyupervisi langsung empat mahasiswa lain dari Kelompok 2. Mereka diminta menyiapkan sendok dan garpu, piring, sendok es, gelas dan napkin (celemek) untuk diletakkan sesuai tempatnya, seperti yang dicontohkan waiters Ayola Restaurant.
Di sela mendampingi anak didiknya praktik, Dosen Entrepreneurship Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, program pembelajaran Entrepreneurship sesuai standar industri perhotelan bagi mahasiswa ini merupakan tindak lanjut dari penjelasan dosen selama belajar materi perkuliahan tersebut di ruang kelas.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seminar Legalitas Usaha Pariwisata Bidang Mamin di Ayola Hotel - Mahasiswa, Entrepreneur Pemula dan Pebisnis Kuliner Skala Menengah Kecil Diajak Ramaikan Seminar Perijinan

Sisi Lain dari Praktik Entrepreneurship di Ayola La Lisa Hotels - Setelah Praktik Entrepreneurship, 11 Mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Makan Malam di Pool Side Ayola Hotels

Sisi Lain dari Praktik Entrepreneurship di Kokoon Hotels Surabaya - Setelah Belajar Entrepreneurship, 13 Mahasiswa Culinary Akpar Majapahit ”Lunch Buffet” di Kokoon Restaurant