Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Budaya Literasi - Buku Entrepreneurship for Foodpreneur Karya Tiga Orang Dosen Tristar Group Siap Dirilis pada Awal 2018

Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Budaya Literasi 

Buku Entrepreneurship for Foodpreneur Karya Tiga Orang Dosen Tristar Group Siap Dirilis pada Awal 2018
DEMI meningkatkan kualitas pendidikan di Politeknik Surabaya Dharma Bakti dan Akpar Majapahit, maka tiga orang Dosen Politeknik Surabaya (Tristar Group), yakni Ir Juwono Saroso MM, MM.Par., Drs Ec. Andrean Leonardus Bandoro, MM, MBA, MM.Par dan Hendrik Adrianus  Sugirno, SE, M.Par., sepakat untuk menyusun buku yang berjudul Entrepreneurship for Foodpreneur. Kewirausahaan untuk Pengusaha Makanan.

Buku edisi perdana dari tiga penulis yang akrab disapa Threemusketeers itu disiapkan sekitar tiga bulan lalu, pasca Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Akpar Majapahit di Mojokerto pada Oktober 2017 lalu.
Buku perdana karya dosen Tristar Group ini menitikberatkan tentang Entrepreneurship ke arah Foodpreneur karena industri makanan dan minuman termasuk restoran merupakan industri yang relatif mudah dimasuki dan relatif aman.
Bisnis makanan dan minuman (mamin) membutuhkan  modal yang kecil dan dapat dilakukan di rumah (usaha rumahan). Hal menarik lainnya dari bisnis mamin adalah penjualannya yang stabil dalam kondisi apapun.
Fakta empiris ini sering diberitakan oleh media massa (baik cetak maupun elektronika) bahwa pertumbuhan restoran di Surabaya dari tahun ke tahun semakin tinggi dan diperkirakan setiap tahunnya terdapat rata-rata 200 restoran baru.
Pendapatan pajak restoran di tahun 2014 mencapai Rp 242 miliar dan meningkat di tahun 2015 menjadi Rp 260 miliar. Peningkatan terus terjadi sehingga di tahun 2016 lalu angkanya menembus hampir Rp 300 miliar.
”Peningkatan pendapatan pajak restoran diprediksi terus meningkat di tahun 2017 bahkan untuk tahun 2018 mendatang pendapatan pajak restoran dapat mencapai angka sekitar Rp 400 miliar,” kata Drs Ec. Andrean Leonardus Bandoro, MM, MBA, MM.Par., memprediksi. 
Untuk lebih dekat tentang kiprah keseharian dari tiga penulis buku Entrepreneurship for Foodpreneur tersebut, berikut ini disajikan profil singkat penulisnya.
Ir JUWONO SAROSO MM., MM.Par., meraih gelar S1 dari Fakultas Teknik Kimia Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) 1989 silam. Pria kelahiran Tulungagung 1966 silam itu sejak SMA dengan bermodalkan bonek mengajar kursusan organ/electone kepada anak-anak SD. Setelah masuk ITS 1985 silam, tidak hanya melayani kursusan organ/electone tetapi juga jemput bola memberi bimbingan belajar Matematika dan IPA (Biologi, Fisika dan Kimia). 
Setelah lulus kuliah, bapak tiga anak ini bergabung dengan beberapa perusahaan dan pada akhirnya ia memutuskan untuk membuka usaha sendiri, di antaranya membuka kursusan (pelatihan) teknologi tepat guna seperti membuat sabun mandi (bentuk cair maupun padat), shampoo, pengharum cucian hingga pelatihan masak.
Penyandang gelar Magister Manajemen (MM) dari STIE Mahardhika Surabaya dan Magister Manajemen Pariwisata (MM.Par) dari STIEPARI Semarang itu sekarang mengelola tiga lembaga pendidikan tinggi yakni Tristar Institute, Akpar Majapahit dan Politeknik Surabaya Dharma Bakti. 
Komitmen Juwono Saroso --yang akrab dipanggil Professor oleh teman-temannya semasa SMA dulu--  terhadap kemajuan dunia pendidikan tidak diragukan lagi demi meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia sekarang dan di masa mendatang.
Drs Ec. Andrean Leonardus Bandoro MM, MBA, MM.Par., menyelesaikan pendidikan sekolah dasar sampai sekolah pertama di Bhinneka Bakti Surabaya. Menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atas di SMA Katolik St. Louis I Surabaya. Lulus pendidikan S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Ekonomi Manajemen di Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya di tahun 1999.
Lulus pendidikan program pasca sarjana Magister Manajemen Internasional di IEU Surabaya pada tahun 1997. Pada pertengahan 1997, mengikuti Sandwich Program di European University Antwerp, Belgia. Lulus pendidikan program pasca sarjana Magister Manajemen Kepariwisataan STIEPARI Semarang di tahun 2017.
Memiliki pengalaman kerja di beberapa perusahaan sebagai Factory Manager, General Manager dan Direktur. Sejak 2009 sampai sekarang sebagai konsultan ekspor impor perusahaan di Indonesia, Malaysia, Vietnam, RRC, India, Pakistan, Turki dan Mesir dalam bidang textile waste dan serat alam seperti kapuk dan coir fiber.
Di lembaga pendidikan tinggi Tristar Group, Andrean mengajar beberapa mata kuliah seperti Dasar-dasar Manajemen, Leadership, Entrepreneurship, Food Costing, Marketing (untuk Prodi D3 Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata), Metodologi Penelitian, Statistika Perhotelan.
Hendrik Adrianus Suhirno, SE, M.Par., adalah salah satu dosen muda di lingkungan lembaga pendidikan Tristar Group yang telah mengantongi Nomer Induk Dosen Nasional (NIDN) sejak 2017. Kesibukannya sebagai Kepala Humas dan Marketing Manager Tristar Group tidak mengendorkan semangatnya untuk berbagi ilmu dengan mahasiswa.
Pria kelahiran Madiun 1989 silam itu setelah meraih gelar Sarjana Ekonomi (S1)  sempat bekerja sebagai marketing di sejumlah perusahaan, terutama yang bergerak di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). 
Setelah bergabung dengan Tristar Group, bapak satu anak ini melanjutkan  pendidikan program pasca sarjana Magister Pariwisata di STP Trisakti Jakarta dan berhak menyandang gelar M.Par pada 2016 lalu.
Kemudian dipercaya oleh pihak Akademik untuk mengajar beberapa mata kuliah, seperti Dasar-dasar Manajemen, Pemasaran (Marketing), Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Etika Profesi, Dasar-dasar Perhotelan (Business for Hotel), Psikologi Pelayanan. 
Menurut Presdir Tristar Group Ir Juwono Saroso MM, MM.Par., buku perdana karya dari tiga dosen Tristar Group ini rencananya akan dirilis pada awal 2018 mendatang. 

”Saat ini buku berjudul Entrepreneurship for Foodpreneur. Kewirausahaan untuk Pengusaha Makanan tersebut masih dalam proses cetak,” kata Juwono yang juga menjadi anggota tim penulis buku itu kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, akhir pekan lalu.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan dosen dan mahasiswa di Graha Tristar dan ingin bergabung dengan civitas akademika Tristar Group, silakan menghubungi Tim Marketing Terpadu Tristar Group cq Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seminar Legalitas Usaha Pariwisata Bidang Mamin di Ayola Hotel - Mahasiswa, Entrepreneur Pemula dan Pebisnis Kuliner Skala Menengah Kecil Diajak Ramaikan Seminar Perijinan

Sisi Lain dari Praktik Entrepreneurship di Kokoon Hotels Surabaya - Setelah Belajar Entrepreneurship, 13 Mahasiswa Culinary Akpar Majapahit ”Lunch Buffet” di Kokoon Restaurant

Sisi Lain dari Praktik Entrepreneurship di Ayola La Lisa Hotels - Setelah Praktik Entrepreneurship, 11 Mahasiswa Culinary Akpar Majapahit Makan Malam di Pool Side Ayola Hotels